contoh surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri

Banyak perusahaan yang meminta surat pengalaman kerja sebagai persyaratan melamar pekerjaan. Namun, tidak semua perusahaan memberikan surat pengalaman kerja bagi karyawannya yang telah resign atau mengakhiri kontrak kerja. Oleh karena itu, sebagai karyawan, kita perlu membuat surat pengalaman kerja sendiri.

Contoh surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa contoh surat pengalaman kerja yang bisa kamu gunakan dan edit sesuai kebutuhanmu.

Contoh 1: Pengalaman Kerja Sebagai Asisten Administrasi

Salam

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Ani Susanti

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 5 Januari 1995

Alamat: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta Pusat

No. Telepon: 08123456789

Email: anisusanti@gmail.com

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya pernah bekerja sebagai asisten administrasi di PT. ABC selama 2 tahun, dari Januari 2018 hingga Desember 2019.

Selama bekerja di PT. ABC, saya bertanggung jawab atas pengarsipan dokumen, pembuatan laporan keuangan, serta menjadi koordinator antara bagian administrasi dan bagian keuangan. Saya juga aktif membantu perusahaan dalam mengorganisir acara perusahaan seperti rapat umum pemegang saham dan gathering karyawan.

Demikianlah surat pengalaman kerja ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat digunakan sebagai referensi oleh yang bersangkutan.

Hormat saya,

Ani Susanti

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik

1. Tampilkan informasi diri lengkap, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

2. Tulis dengan jelas jabatan dan perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Jelaskan tanggung jawab dan pekerjaan yang kamu lakukan selama bekerja di perusahaan tersebut.

4. Buat surat pengalaman kerja dengan bahasa yang formal dan sopan.

5. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan di akhir surat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bagaimana cara mengetahui apakah surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri sudah baik?

Jika surat pengalaman kerja tersebut mencantumkan informasi yang lengkap dan jelas tentang pekerjaan yang telah dilakukan serta ditulis dengan bahasa yang sopan dan formal, maka dapat dikatakan surat pengalaman kerja tersebut sudah baik.

2. Apakah harus menyertakan tanda tangan perusahaan dalam surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri?

Tidak perlu menyertakan tanda tangan perusahaan dalam surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri. Cukup tanda tangan dari diri sendiri sebagai pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

3. Berapa lama pengalaman kerja yang harus dicantumkan dalam surat pengalaman kerja?

Pengalaman kerja yang dicantumkan dalam surat pengalaman kerja sebaiknya disesuaikan dengan lamanya bekerja di perusahaan tersebut. Namun, umumnya pengalaman kerja yang dicantumkan minimal 1 tahun.

4. Apa yang harus dilakukan jika perusahaan tidak memberikan surat pengalaman kerja?

Karyawan dapat membuat surat pengalaman kerja sendiri dengan mencantumkan informasi lengkap dan jelas tentang pekerjaan yang telah dilakukan di perusahaan tersebut.

5. Apakah surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri bisa digunakan saat melamar pekerjaan?

Ya, surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri bisa digunakan saat melamar pekerjaan. Namun, pastikan bahwa surat pengalaman kerja tersebut mencantumkan informasi yang lengkap dan jelas tentang pekerjaan yang telah dilakukan.

6. Apakah surat pengalaman kerja dibuat sendiri harus ditulis dengan tangan atau boleh diketik?

Surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri bisa ditulis dengan tangan atau diketik. Namun, pastikan bahwa surat tersebut mudah dibaca dan jelas.

Kesimpulan

Menulis surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri memang cukup penting bagi karyawan. Dengan adanya surat pengalaman kerja tersebut, karyawan dapat menunjukkan pengalaman kerja yang pernah dilakukan saat melamar pekerjaan di perusahaan baru. Oleh karena itu, pastikan surat pengalaman kerja yang dibuat sendiri mencantumkan informasi yang lengkap dan jelas tentang pekerjaan yang pernah dilakukan.