F1 Manager 23 mungkin merupakan permainan tentang strategi, statistik, dan spreadsheet, tetapi Anda masih membutuhkan ketenangan seorang pembalap Formula 1 untuk memainkannya. Ya, berbeda dengan balapan real-time di trek yang ada di F1 23, Anda akan lebih banyak berada di belakang layar, menjalankan manajemen sehari-hari dari tim Formula 1 Anda sepanjang musim 2023.
Namun, Anda tetap membutuhkan keputusan yang cepat dan keberanian yang kuat untuk membawa tim Anda ke podium. Sebagai penggemar berat olahraga balap, saya sangat antusias untuk mencoba tangan saya dalam membimbing tim saya menuju kemenangan yang akhirnya.
Kami memulai akhir pekan balapan pembukaan di sirkuit internasional Bahrain yang hangat. Ini adalah tahun pertama saya sebagai kepala tim untuk tim Williams Racing, yang dalam beberapa tahun terakhir telah berjuang di bagian belakang Kejuaraan Konstruktor.
Pembalap kawakan Alex Albon dan pendatang baru Logan Sargeant menunjukkan banyak potensi – mereka hanya perlu tangan yang kuat untuk membimbing mereka kembali menjadi pesaing tangguh di pertengahan klasemen.
Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Anda tidak benar-benar berada di balik kemudi, tetapi menjalankan tim Formula Satu berarti mengatur semua hal di belakang layar. Ini termasuk merancang dan memproduksi bagian mobil yang ditingkatkan, merumuskan strategi pit untuk setiap akhir pekan balapan, memastikan staf Anda senang setiap minggu, meningkatkan dan memelihara fasilitas Anda, dan membuat dewan puas. Ketinggalan dalam salah satu aspek ini bisa berdampak buruk di trek.
Tetapi ada keseruan dalam hal tersebut, menurut saya. Sebagian besar sistem F1 Manager 23 akan berdampak pada yang lain, sehingga Anda selalu terlibat dalam keseimbangan di belakang layar untuk memastikan pembalap Anda memiliki sesi latihan, kualifikasi, dan balapan terbaik.
Ketika semuanya berantakan, Anda akan merasa putus asa dan tergoda untuk memuat penyimpanan lama. Tetapi ketika semuanya berjalan dengan lancar dan strategi Anda berhasil, Anda akan merasakan kepuasan yang mendalam. Terutama jika Anda mengendalikan tim backmarker seperti Williams, Haas, atau AlphaTauri.
Bertemu dengan Tim
Ketika memulai karier F1 Manager 23 yang baru, petualangan Anda dimulai di markas tim Anda pada awal musim. Menu ini menjadi pusat kontrol lengkap Anda, memberikan gambaran tentang setiap aspek tim Anda dalam tab yang rapi. Namun, ada kebingungan dalam menavigasi bagi pemain baru.
Salah satunya, tutorial yang disediakan untuk manajer baru hanya memberikan gambaran singkat tentang setiap bagian dan tidak benar-benar menawarkan aplikasi praktis tentang bagaimana keputusan tertentu akan memengaruhi tim.
Anda akan diberitahu jika meningkatkan bagian mobil sangat penting tetapi tidak diberikan rekomendasi mengenai apa yang harus Anda fokuskan terlebih dahulu. Selain pengenalan singkat tentang setiap bagian, Anda akan dibiarkan sendirian untuk mencari tahu sendiri. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi pemain berpengalaman F1 Manager, tetapi pemain baru bisa mengalami awal musim yang cukup sulit.
Bagian lain yang aneh dari tutorial adalah Anda dipaksa meninggalkan sesi latihan pertama kepada AI, yang pada gilirannya, mengarah pada persiapan pembalap yang kurang optimal untuk kualifikasi dan balapan itu sendiri.
Frontier Developments mungkin ingin menemukan keseimbangan antara tutorial dan membuat pemain baru terlibat, tetapi sebosan apa pun itu pada awalnya, saya pikir beberapa panduan tambahan dan saran praktis bisa membantu banyak di sini.
Namun, ketika Anda benar-benar menguasai markas Anda, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki tingkat kendali yang akurat atas musim Anda. Misalnya, peningkatan fasilitas dan mobil membutuhkan waktu, dan tidak akan segera tersedia untuk Grand Prix berikutnya.
Format akhir pekan mengikuti musim F1 sesungguhnya; 23 putaran di sirkuit di seluruh dunia dibagi menjadi sesi latihan, kualifikasi, dan balapan dengan beberapa sirkuit juga menjadi tuan rumah balapan sprint yang lebih pendek.
Anda dapat mensimulasikan semua ini jika Anda mau, meninggalkan hasil kepada AI. Namun, saya sangat menyarankan untuk mengelola semuanya, bahkan untuk sesi latihan yang kurang menarik. Latihan, dibagi menjadi tiga sesi satu jam, adalah tempat di mana pembalap Anda mempelajari keadaan trek.
Dan ada banyak strategi yang menarik untuk dijalani di sini. Tetapi jika itu terdengar seperti waktu bermain yang banyak bagi Anda, itu karena memang begitu. Namun, Anda dapat memilih untuk mempercepat waktu beberapa kali lipat jika Anda ingin melewati setiap sesi dengan lebih cepat.
Dua pembalap Anda akan menjalankan rencana latihan mereka, dan memberikan umpan balik tentang bagaimana keadaan mobil. Kemudian, di antara sesi, Anda dapat melakukan penyesuaian di pit lane – melalui serangkaian slider – yang akan membantu menyempitkan kinerja optimal mobil Anda.
Berhasil melaksanakan sesi latihan yang optimal memberikan keuntungan dalam babak kualifikasi, dan pada gilirannya balapan itu sendiri. Melihat rencana yang Anda atur dengan hati-hati menjadi kenyataan membuat F1 Manager 23 terasa sangat memuaskan.
Persiapan sesi latihan yang kuat akan mempengaruhi peluang Anda dalam kualifikasi. Sama seperti dalam kehidupan nyata, kualifikasi dibagi menjadi tiga putaran dengan sistem eliminasi, dengan sepuluh pembalap terbaik menemukan tempat mereka di Q3.
Hal baik tentang kualifikasi adalah itu secara otomatis mengatur penggunaan ban dan bahan bakar ke parameter tercepat – meskipun Anda dapat menyesuaikan ini secara manual jika Anda merasa perlu.
Namun, selama balapan itu sendiri, Anda perlu mengelola parameter ini dengan hati-hati untuk memastikan balapan yang lancar. Misalnya, memasukkan ban Anda ke mode Serang terlalu lama akan membuatnya panas, membuatnya cepat rusak dan meningkatkan risiko kecelakaan.
Menyetel bahan bakar ke mode Dorong akan membuat Anda lebih cepat secara keseluruhan, tetapi mengandalkan ini terlalu banyak berarti Anda tidak akan memiliki cukup bahan bakar untuk menyelesaikan balapan. Terakhir, Anda juga dapat menggunakan ERS (sistem pemulihan energi) yang secara singkat membantu meningkatkan kecepatan dan memudahkan melakukan overtaking.
Mengelola pengaturan ini untuk kedua mobil Anda adalah tugas yang menuntut keseimbangan yang mengejutkan, dan pasti ada kurva belajar di sini. Dalam satu contoh yang cukup memalukan, saya berhasil mendorong Alex Albon ke posisi poin yang tinggi.
Tetapi manajemen bahan bakar yang ceroboh membuatnya kehabisan bahan bakar tepat sebelum bendera finish. Mencoba lagi dengan memuat penyimpanan sebelumnya, saya bisa membawa kedua mobil ke akhir di luar poin tetapi dapat membuat papan puas dengan penampilan yang konsisten.