Siapa yang tidak mengenal Volkswagen Safari? Mobil klasik ini telah menghadirkan sensasi tersendiri bagi para penggemar otomotif di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat perbedaan antara VW Safari yang diproduksi di Jerman dan di Meksiko? Banyak yang mungkin tidak menyadari perbedaan ini dan hanya menganggap bahwa VW Safari adalah mobil yang sama di mana pun diproduksi.
Secara umum, VW Safari Jerman dan Meksiko memiliki sejarah dan ciri khas yang berbeda. VW Safari Jerman merupakan produk ikonik dari produsen mobil Jerman yang sudah lama berpengalaman di industri otomotif. Sedangkan VW Safari Meksiko lahir sebagai jawaban atas kebutuhan pasar di Amerika Utara, yang menjadi pasar terbesar VW di luar Eropa. Karena itulah, VW Safari Meksiko dirancang dengan beberapa perubahan pada mesin dan fitur kendaraan untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar Amerika.
Tentunya perbedaan lainnya adalah pada segi tampilan dan material yang digunakan. VW Safari Jerman biasanya lebih memperhatikan kualitas detail pada sisi interior dan eksteriornya, sehingga memberikan kesan elegan dan eksklusif. Sementara VW Safari Meksiko lebih fokus pada kenyamanan dan ketahanan, sehingga menggunakan bahan yang lebih kuat untuk digunakan di berbagai kondisi jalan yang berbeda di Amerika Utara. Bagi para penggemar VW Safari, mengetahui perbedaan antara produk yang diproduksi di Jerman dan Meksiko akan memberikan wawasan yang lebih dalam dan meningkatkan apresiasi terhadap mobil klasik ini.
Sejarah Produksi VW Safari di Jerman dan Meksiko
VW Safari, dikenal juga sebagai VW Thing di Amerika Serikat, pertama kali diproduksi oleh Volkswagen Jerman pada tahun 1969 hingga 1980. Model mobil ini awalnya dirancang sebagai kendaraan militer untuk Angkatan Darat Jerman Barat dan disebut dengan Type 181 sebelum akhirnya digunakan sebagai kendaraan sipil. Desain VW Safari yang mempunyai ciri khas bentuk kotak dengan pintu belakang (panel) yang dapat dibuka memiliki banyak penggemar di kalangan masyarakat. Di Amerika Serikat, model mobil ini dirilis dengan nama VW Thing pada tahun 1973 hingga 1974.
- Pada tahun 1970-an, rancangan Safari dipindahkan ke Meksiko dan produksinya dimulai pada tahun 1972 hingga 1980.
- VW Safari yang diproduksi di Meksiko dibedakan dari VW Safari yang diproduksi di Jerman dengan adanya beberapa perubahan pada desain eksterior dan interior mobil.
- Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah pada tampilan depan mobil. Desain gril yang digunakan pada VW Safari di Jerman hanya berupa ornamen, sedangkan pada VW Safari di Meksiko, gril tersebut dapat dibuka sebagai bagian dari kap mesin.
Selain itu, VW Safari yang diproduksi di Meksiko dilengkapi dengan mesin 1600 cc yang mempunyai kapasitas daya lebih besar dibandingkan dengan mesin 1500 cc yang digunakan pada VW Safari Jerman. Hal ini menjadikan VW Safari di Meksiko lebih cepat dan tangguh ketimbang VW Safari di Jerman.
Tahun Produksi | Pabrik Produksi | Jumlah Produksi (unit) |
---|---|---|
1969-1980 | Volkswagen Jerman | 90.883 |
1972-1980 | Volkswagen Meksiko | 25.827 |
Walaupun telah dihentikan produksinya di Jerman dan Meksiko pada tahun 1980, VW Safari tetap mempunyai banyak penggemar yang menggemari mobil klasik yang ikonik ini.
Perbedaan mesin VW Safari Jerman dan Meksiko
VW Safari merupakan salah satu mobil ikonik dari Volkswagen yang telah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Meskipun mobil ini sudah banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan dari segi desain, namun mesin yang digunakan oleh VW Safari tetap menjadi perbincangan. Perbedaan mesin VW Safari Jerman dan Meksiko pun kerap menjadi perhatian. Berikut adalah penjelasannya:
- Mesin VW Safari Jerman
- Mesin VW Safari Meksiko
Mesin yang digunakan oleh VW Safari di Jerman telah mengalami beberapa kali revisi dan penyempurnaan dari segi teknologi dan umur mesin. Mesin VW seri Aircooled berkapasitas 1.5L hingga 1.8L pernah digunakan oleh VW Safari di Jerman. Salah satu keunggulan mesin VW Safari Jerman adalah daya tahan mesinnya yang lebih kuat dibandingkan dengan mesin VW Safari Meksiko.
Di Meksiko, VW Safari pertama kali diproduksi pada tahun 1970 dan digunakan mesin seri Aircooled 1600cc. Selanjutnya, mesin VW Safari Meksiko beralih ke mesin seri Wasserboxer berkapasitas 1.9L hingga 2.1L. Kelebihan mesin VW Safari Meksiko adalah torsi yang besar dan mampu menghasilkan daya mesin yang cukup besar.
Dua jenis mesin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mesin VW Safari Jerman lebih awet dibandingkan dengan mesin VW Safari Meksiko, namun mesin VW Safari Meksiko lebih powerful dan cocok digunakan untuk medan yang lebih berat. Meski begitu, kualitas mesin VW Safari keduanya tetap bisa diandalkan sepanjang pemilik mobil melakukan perawatan yang cukup dan berkala.
Untuk mendapat performa maksimal dari mesin VW Safari, pemilik mobil sebaiknya selalu memperhatikan rutin perawatan pada mesin seperti pergantian oli dan filter, pengecekan sistem pembakaran, termasuk juga kebersihan ruang bakar mesin. Dengan melakukan perawatan yang berkala, mesin VW Safari tidak hanya terjaga kualitasnya tetapi juga bisa meningkatkan masa penggunaan mobil dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa masalah yang berarti.
Perbedaan Mesin VW Safari Jerman dan Meksiko | VW Safari Jerman | VW Safari Meksiko |
---|---|---|
Desain | Berbeda | Sama dengan VW Golf |
Ukuran Mesin | 1.5L – 1.8L | 1.6L – 2.1L |
Torsi | Sedikit lebih rendah | Lebih tinggi |
Daya Tahan Mesin | Lebih kuat | Tahan lama, tetapi perlu perawatan yang tepat |
Perbedaan mesin VW Safari Jerman dan Meksiko menjelaskan bahwa kedua mesin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Penting bagi pemilik VW Safari untuk mengetahui jenis mesin dan kondisi mesin mobil mereka agar bisa melakukan perawatan dengan benar dan menjaga kelangsungan penggunaan mobil secara optimal dan maksimal.
Material atau bahan yang digunakan pada VW Safari Jerman dan Meksiko
VW Safari atau yang juga dikenal sebagai Volkswagen Type 1 merupakan mobil legendaris yang dibuat pertama kali di Jerman pada tahun 1938 oleh produsen mobil asal Jerman, Volkswagen. Kemudian, mobil tersebut mulai diproduksi di Meksiko pada tahun 1967. Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan, termasuk bahan dan material yang digunakan.
- VW Safari Jerman
- Body bagian atas dan bawah menggunakan plat baja berkualitas tinggi.
- Bagian dalam mobil ditutupi oleh bahan yang lembut dan hangat seperti kain atau wol.
- Bagian kursi diberi tambahan busa dan per serta dilapisi dengan bahan kulit yang berkualitas tinggi.
- Panel instrumen dilengkapi dengan bahan kayu atau kayu sintetis yang memberikan kesan mewah dan menarik.
- VW Safari Meksiko
- Body bagian atas dan bawah menggunakan plat baja biasa dan aluminium.
- Material pada bagian dalam mobil sama dengan VW Safari Jerman, yaitu bahan kain atau wol yang lembut dan hangat.
- Bagian kursi menggunakan campuran bahan kulit dan sintetis.
- Panel instrumen dilengkapi dengan bahan plastik atau fiberglass yang lebih murah dan tahan lama.
VW Safari Jerman didesain dengan menggunakan bahan yang lebih berkualitas dan tahan lama, karena mobil ini dirancang untuk digunakan di daerah dengan cuaca dingin dan salju yang berlimpah. Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan pada VW Safari Jerman:
VW Safari Meksiko memiliki bahan yang sedikit berbeda dengan VW Safari Jerman, terutama pada bagian bodi dan mesin. Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan pada VW Safari Meksiko:
Perbedaan kualitas material antara VW Safari Jerman dan Meksiko
Perbedaan material pada VW Safari Jerman dan Meksiko mempengaruhi kualitas kekuatan dan ketahanan mobil. VW Safari Jerman memang lebih mahal dibandingkan dengan VW Safari Meksiko karena bahan yang digunakan lebih berkualitas dan didesain khusus untuk daerah dengan cuaca dingin dan salju yang berlimpah. Namun, VW Safari Meksiko juga tidak kalah bagusnya karena bahan yang digunakan dirancang untuk iklim Meksiko yang lebih panas dan lembap.
Bahan Berkualitas Tinggi (VW Safari Jerman) | Bahan Standar (VW Safari Meksiko) | |
---|---|---|
Body | Plat baja berkualitas tinggi dan lebih tebal | Plat baja biasa dan aluminium |
Interior | Bahan kain atau wol lembut dan hangat | Bahan kain atau wol standar |
Kursi | Bahan kulit berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan tambahan busa dan per | Bahan kulit dan sintetis |
Panel Instrumen | Bahan kayu atau kayu sintetis | Bahan plastik atau fiberglass |
Dalam hal kualitas material, VW Safari Jerman memang lebih unggul daripada VW Safari Meksiko. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membuatnya tetap menjadi mobil legendaris hingga saat ini.
Harga VW Safari Jerman dan Meksiko di Indonesia
VW Safari telah hadir di pasar Indonesia sejak beberapa dekade lalu dan banyak orang telah mengadopsi kendaraan ini sebagai kendaraan keluarga atau bahkan untuk keperluan bisnis. Namun, perbedaan harga antara VW Safari buatan Jerman dan Meksiko di Indonesia saat ini cukup signifikan.
- VW Safari Jerman: Harga Volkswagen Safari buatan Jerman di Indonesia bervariasi dari Rp 250 juta hingga Rp 500 juta tergantung pada tahun pembuatan, kondisi kendaraan, dan modelnya. Harga yang cukup tinggi ini mungkin karena produksi VW Safari di Jerman dihentikan pada tahun 2003, sehingga jumlah kendaraan produksi terbatas.
- VW Safari Meksiko: Harga Volkswagen Safari buatan Meksiko relatif lebih murah di Indonesia, berkisar antara Rp 80 juta hingga Rp 200 jutaan tergantung pada tahun pembuatan, kondisi, dan modelnya. Produksi VW Safari di Meksiko masih aktif hingga saat ini, sehingga ada lebih banyak kendaraan yang tersedia di pasaran.
Perbedaan harga tersebut tentu saja mempengaruhi pilihan pembeli dalam memilih VW Safari mana yang akan dibeli di Indonesia. Namun, perlu juga diperhatikan faktor-faktor lain seperti kualitas kendaraan, harga suku cadang, dan biaya perawatan yang mungkin lebih mahal untuk VW Safari buatan Jerman.
Jika Anda berniat membeli VW Safari di Indonesia, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut agar dapat memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
Tipe | Harga (Rp) |
---|---|
VW Safari Jerman | 250 juta – 500 juta |
VW Safari Meksiko | 80 juta – 200 juta |
Dapat disimpulkan bahwa harga VW Safari Jerman dan Meksiko di Indonesia cukup berbeda, namun hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti produksi dan ketersediaan kendaraan. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kualitas kendaraan dan biaya perawatan sebelum memutuskan untuk membeli VW Safari.
Modifikasi VW Safari Jerman dan Meksiko yang populer di Indonesia
VW Safari, mobil legendaris yang menjadi ikon budaya otomotif Indonesia, ternyata memiliki perbedaan modifikasi antara Jerman dan Meksiko. Berikut adalah perbedaan yang dapat ditemukan di modifikasi VW Safari Jerman dan Meksiko yang populer di Indonesia.
- Kaki-kaki
VW Safari Jerman memiliki kaki-kaki yang lebih puas dan hemat bahan bakar. Sedangkan VW Safari Meksiko lebih menjurus ke kaki-kaki sporty dan performa tinggi. - Mesin
VW Safari Jerman memiliki mesin bensin dengan kapasitas besar dan teknologi yang lebih mutakhir. Sementara VW Safari Meksiko menggunakan mesin bensin atau diesel yang hemat bahan bakar. - Bodi
Bodi VW Safari Jerman umumnya lebih lebar dan berat dibandingkan VW Safari Meksiko. Hal ini dikarenakan VW Safari Jerman lebih didesain untuk lingkungan jalan raya yang besar dan banyak pemandangan. Sedangkan VW Safari Meksiko lebih ramping dan gesit sehingga lebih nyaman di jalanan yang sibuk.
Namun, meski memiliki perbedaan pada modifikasi, VW Safari tetap menjadi mobil legendaris yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, di Indonesia sendiri terdapat beberapa modifikasi VW Safari yang populer di kalangan otomotif.
Berikut adalah beberapa modifikasi VW Safari yang populer di Indonesia:
- VW Safari Pick Up
Modifikasi ini mengubah VW Safari menjadi pick up dengan dimensi panjang tubuh lebih besar. Terdapat beberapa varian VW Safari Pick Up seperti single cabin atau double cabin. - VW Safari Hoodride
Modifikasi ini mengubah VW Safari menjadi lebih rendah dan mendekati permukaan jalan. Modifikasi ini menitikberatkan pada gaya dan estetika. - VW Safari Ghost Rider
Modifikasi ini menambahkan lebar pada VW Safari sehingga terlihat lebih beastly dan powerful. Bodi VW Safari juga diubah menjadi lebih sporty dan agresif.
Dengan modifikasi yang beragam, VW Safari pastinya menjadi mobil yang banyak digemari oleh pencinta modifikasi di Indonesia.
Modifikasi | Keunggulan |
---|---|
VW Safari Pick Up | Lebih luas dan mempermudah dalam membawa barang |
VW Safari Hoodride | Memiliki gaya dan estetika yang unik |
VW Safari Ghost Rider | Lebih kukuh dan terlihat lebih sporty |
Dari perbedaan modifikasi antara VW Safari Jerman dan Meksiko, hingga modifikasi yang populer di Indonesia, VW Safari memang memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta modifikasi mobil di Tanah Air. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk modifikasi VW Safari, pastikan modifikasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan selalu mengutamakan aspek keamanan dalam berkendara.
Terima kasih Sudah Membaca!
Sekian ulasan mengenai perbedaan VW Safari Jerman dan Meksiko. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar mobil safari. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia otomotif. Sampai jumpa kembali!