Bila kita membicarakan mobil sport legendaris, Mazda RX-7 pasti menjadi salah satu yang ada di dalam daftar. Tidak hanya berhasil menarik perhatian penggemar otomotif, RX-7 juga berhasil memenangkan penghargaan World Car of the Year pada tahun 2003 lalu. Namun, ada hal yang sering menjadi perdebatan di antara para penggemar RX-7, yaitu perbedaan antara RX-7 FD dan FC.
Untuk melihat perbedaan antara RX-7 FD dan FC, pertama-tama kita harus mengetahui bahwa keduanya dirilis dengan waktu yang berbeda. RX-7 FC diproduksi pada tahun 1985 hingga 1991, sedangkan RX-7 FD pada tahun 1992 hingga 2002. Selain itu, terlihat perbedaan yang cukup signifikan pada bagian bodi keduanya. FD memiliki bentuk yang lebih lebar dan lebih elegan, sementara FC memiliki tampilan yang lebih memanjang dan ramping.
Meskipun ada perbedaan pada bodi mobil, perbedaan yang terjadi pada bagian mesin juga menjadi perhatian para penggemar RX-7. RX-7 FC menggunakan mesin Wankel rotary 13B-RE twin turbo, sedangkan RX-7 FD menggunakan mesin yang sama dengan peningkatan pada kapasitas 13B-REW twin turbo. Meskipun sama-sama menggunakan mesin Wankel rotary, perbedaan kapasitas mesin tersebut mampu memberikan perbedaan performa untuk kedua mobil tersebut.
Spesifikasi RX-7 FC
RX-7 diperkenalkan sebagai bagian dari keluarga sportscar Mazda pada tahun 1978. Namun, RX-7 FC adalah generasi kedua dari model ini yang diproduksi dari tahun 1985 hingga 1991. Berikut ini adalah spesifikasi RX-7 FC yang perlu Anda ketahui.
- Dimensi: RX-7 FC memiliki panjang 4,32 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,23 meter.
- Berat: Bobot kosong dari RX-7 FC adalah sekitar 1.200 kg.
- Engine: RX-7 FC dilengkapi dengan mesin rotari 1,3 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 146 hp.
- Transmisi: Tersedia dalam 2 pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.
- Suspensi: RX-7 FC menggunakan suspensi depan McPherson strut dan suspensi belakang semi-independent trailing arm.
- Rem: Dilengkapi dengan rem cakram di keempat roda.
Meski tidak secepat RX-7 FD, RX-7 FC tetap dianggap sebagai mobil sport yang mumpuni dan memiliki keunggulan di beberapa aspek. Salah satunya adalah bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan RX-7 FD sehingga lebih mudah dikendalikan. Disamping itu, mesin rotari yang dimilikinya juga memberikan karakteristik berkendara yang berbeda dan unik.
Spesifikasi RX-7 FD
Setelah generasi RX-7 FC, Mazda meluncurkan RX-7 FD yang menjadi andalan mereka di awal tahun 90-an. RX-7 FD hadir dengan peningkatan signifikan dari segi mesin dan performa dibandingkan FC. Berikut adalah spesifikasi RX-7 FD:
- Dimensi: 4280 x 1760 x 1235 mm
- Bobot: 1280 kg (2,821 lb)
- Suspensi depan: Double Wishbone
- Suspensi belakang: Multi-link
- Rem depan: 4-piston kaliper, ventilasi cakram
- Rem belakang: 2-piston kaliper, ventilasi cakram
- Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic
- Mesin: 1.3 L twin-turbocharged 13B-REW Renesis Wankel engine
- Daya maksimum: 276 hp @ 6,500 RPM
- Torsi maksimum: 294 Nm @ 5,000 RPM
- Akselerasi: 0-100 km/jam dalam 4.9 detik
- Kecepatan maksimum: 252 km/jam
Mesin RX-7 FD merupakan mesin Wankel yang digerakan dengan putaran mesin lebih tinggi dibandingkan mesin piston konvensional. Beberapa fitur mesin RX-7 FD yang patut diapresiasi adalah:
- Dilengkapi dengan twin-turbocharged untuk meningkatkan performa mesin
- Menggunakan rotor berukuran besar (654 cc) yang membuat mesin bisa berputar hingga 10.000 RPM
- Menggunakan ECU (Electronic Control Unit) dengan sistem fuel injection dan pemantauan sensor elektronik yang mengatur laju bahan bakar
Perlu dicatat bahwa mesin Wankel RX-7 FD lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan mesin piston konvensional. Pada saat peluncurannya, konsumsi bahan bakar RX-7 FD mencapai 12-15 km/liter.
Model | Tahun | Produksi |
---|---|---|
FD3S | 1992-2002 | 68,589 |
RS-R | 1997 | 500 |
RS-X | 1997-1998 | 1,000 |
PZ | 2000 | 1,500 |
Selain spesifikasi mesin, RX-7 FD juga memiliki banyak fitur unggulan lainnya seperti suspensi depan Double Wishbone, suspensi belakang Multi-link, serta sistem rem cakram dengan kaliper 4-piston untuk roda depan dan 2-piston untuk roda belakang. RX-7 FD juga dikenal dengan desainnya yang aerodinamis dengan lampu pop-up yang karakteristik. Meskipun telah berhenti diproduksi sejak tahun 2002, RX-7 FD tetap menjadi salah satu mobil sport klasik yang diincar oleh para penggemarnya hingga saat ini.
Kemampuan Mesin RX-7 FC
Bagian penting dari mobil tentu saja mesinnya, termasuk pada RX-7 FC. Berikut adalah kemampuan mesin RX-7 FC yang harus Anda ketahui:
- Mesin Rotary
- Performa Tinggi
- Mesin Berteknologi Tinggi
Secara umum, mesin RX-7 FC menggunakan teknologi mesin rotary. Mesin ini memiliki kompresor putar, dan membuat mesin ini memiliki performa yang tinggi. RX-7 FC dapat mencapai kecepatan maksimum 240 km/jam dan dapat mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik.
Performa tinggi juga didukung oleh teknologi pada mesin tersebut. RX-7 FC hadir dengan mesin berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan daya yang lebih besar daripada mesin konvensional dengan jumlah silinder yang sama. Selain itu, pergerakan putaran mesin rotary yang lancar dan baik juga membuat RX-7 FC memiliki tenaga yang konsisten.
Untuk mengetahui lebih jelas perbandingan kemampuan mesin antara RX-7 FC dengan RX-7 FD, dapat dilihat pada tabel berikut:
Kemampuan Mesin | RX-7 FC | RX-7 FD |
---|---|---|
Output Daya Maksimum | 276 horsepower | 276 horsepower |
Torsi Maksimum | 294 Nm | 314 Nm |
Percepatan 0-100 km/jam | 5 detik | 4,8 detik |
Kecepatan Maksimum | 240 km/jam | 250 km/jam |
Meski ada perbandingan dengan RX-7 FD, namun RX-7 FC tetap memiliki kemampuan mesin yang impresif dengan teknologi rotary yang inovatif.
Kemampuan Mesin RX-7 FD
Rotary engine atau mesin dorong merupakan salah satu ciri khas dari Mazda RX-7. RX-7 FD menggunakan mesin dorong Wankel berkapasitas 1,3 liter dengan konfigurasi rotor ganda. Mesin ini memiliki kelebihan dalam hal rasio tenaga dan berat yang lebih baik dibandingkan mesin piston konvensional. Selain itu, mesin dorong RX-7 juga lebih responsif dan mampu mencapai putaran mesin yang lebih tinggi.
- Mesin dorong RX-7 FD mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 276 PS atau sekitar 202 kW pada 6.500 rpm.
- Torsi maksimumnya mencapai 314 Nm pada 5.000 rpm.
- Performa mesinnya sangat mengesankan, sebab RX-7 FD bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik saja.
Adapun dalam hal efisiensi bahan bakar, mesin dorong RX-7 FD agak sedikit boros karena mesin ini perlu mempertahankan putaran tinggi untuk menghasilkan tenaga yang optimal. Namun, dengan perawatan yang baik, mesin ini bisa memiliki umur lebih lama dibandingkan mesin berbahan bakar bensin konvensional.
Mesin dorong RX-7 FD ini dilengkapi dengan sistem pembukaan dan penutupan katup secara elektronik (Electronic Valve Timing – EVT) yang merupakan salah satu teknologi terbaru pada saat itu. Teknologi ini memungkinkan kendaraan RX-7 FD memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan performa mesin yang optimal pada setiap kecepatan mesin tertentu.
Tenaga Maksimum (PS) | Torsi Maksimum (Nm) |
---|---|
276 | 314 |
Dalam ringkasan, RX-7 FD memiliki mesin dorong rotary engine berkapasitas 1,3 liter dengan konfigurasi rotor ganda. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 276 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 314 Nm pada 5.000 rpm. Mesin dorong RX-7 FD juga dilengkapi dengan teknologi Electronic Valve Timing (EVT) sebagai sistem pembukaan dan penutupan katup secara elektronik yang memungkinkan kendaraan ini memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan performa mesin yang optimal pada setiap kecepatan mesin tertentu.
Perbedaan body kit RX-7 FC dan FD
Jika kamu tertarik untuk memiliki mobil sport klasik dari Jepang, Mazda RX-7 pasti menjadi salah satu pilihan yang menarik. Generasi RX-7 yang paling terkenal dan dicari adalah FD dan FC. Selain mesin dan performa yang keren, tampilan dari body kit juga menjadi daya tarik bagi para pecinta mobil ini. Namun, apakah kamu sudah tahu perbedaan dari body kit RX-7 FC dan FD? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!
- FD mempunyai body kit yang lebih garang daripada FC. That being said, body kit RX7 FC sudah terbilang cukup aggressive untuk standard mobil sport. Jadi jika kamu menginginkan body kit yang lebih sporty, FD bisa menjadi pilihanmu.
- Tidak hanya garang, body kit RX-7 FD juga lebih besar dan lebih berat daripada FC. Ini karena mobil gen FD lebih besar daripada gen FC.
- Body kit RX-7 FD memiliki bumper depan yang berbeda dari FC. Bumper depan FD berkarakter agresif dengan ventilasi udara yang lebih besar dibandingkan dengan bumper depan FC, yang tampak lebih “lemah”.
- Sedangkan di bagian belakang, RX-7 FD memiliki spoiler yang lebih besar dan lebih agresif daripada FC. FD memiliki spoiler gaya GT yang terintegrasi dengan body kit dan melengkapi tampilan keseluruhan.
- Terakhir, RX-7 FD menggunakan lampu bulat yang terkenal ikonik, sedangkan RX-7 FC menggunakan headlight bulat yang biasa ditemukan di mobil tahun 80-an.
Itulah perbedaan dari body kit RX-7 FC dan FD. Selain faktor estetika, pastikan juga kamu memilih mobil sesuai kebutuhan dan budgetmu agar tidak menyesal di kemudian hari.
Selamat Berpamitan
Nah, itulah perbedaan RX-7 FD dan FC. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahuan kamu dalam dunia otomotif. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs ini lagi untuk informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!