Kamu pasti pernah melihat orang kecil yang giat membaca kitab suci Al-Quran. Salah satu pembelajaran awal dalam mengaji Al-Quran adalah memilih buku yang tepat. Dua jenis buku yang populer digunakan untuk pembelajaran awal ini adalah Iqro dan Juz Amma. Meskipun keduanya memuat bacaan Al-Quran, ada perbedaan yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan mana yang akan dibeli.
Iqro telah digunakan sebagai bahan ajar membaca Al-Quran yang praktis. Buku ini didesain untuk pengajian dengan metode tak-tik klasik, yang dipandang oleh banyak orang sebagai cara belajar membaca paling efektif. Sebaliknya, Juz Amma biasanya dipilih sebagai langkah selanjutnya setelah anak-anak menguasai dasar-dasar membaca Qur’an. Juz Amma memuat hampir seluruh surat yang tertera di juz ke-30 Al-Qur’an, mulai dari surat An-Naba hingga An-Nas, yang memiliki jumlah ayat sebanyak 37 lembar.
Ketika memutuskan membeli buku untuk pembelajaran Al-Quran, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kemampuan membaca, metode pengajaran, dan tujuan yang diinginkan. Dengan mengetahui perbedaan antara Iqro dan Juz Amma, Anda dapat lebih mudah memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan belajar Anda. Segera mulai belajar Al-Quran, dan jangan lupa untuk selalu menimba ilmu dengan tekun dan konsisten.
Pengertian Iqro dan Juz Amma
Iqro dan Juz Amma adalah dua buku yang digunakan sebagai panduan dalam mempelajari Al-Quran. Iqro biasanya digunakan sebagai buku dasar pembelajaran membaca Al-Quran bagi anak-anak, sedangkan Juz Amma berisi surat-surat pendek Al-Quran yang sering dibaca dalam shalat wajib. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang berbeda, namun keduanya sama-sama penting dalam mempelajari Al-Quran.
- Iqro
- Juz Amma
Iqro merupakan buku ajaran dasar bagi anak-anak dalam mempelajari membaca Al-Quran. Buku ini berisi pelajaran tentang huruf hijaiyah, tanda baca, membaca dan menulis huruf Arab. Penggunaan buku iqro sangat dianjurkan bagi anak-anak yang baru memulai belajar membaca Al-Quran. Ada enam jilid iqro yang mencakup tingkatan belajar membaca Al-Quran dari awal hingga mahir.
Juz Amma adalah buku yang berisi surat-surat pendek dalam Al-Quran. Buku ini biasanya diberikan pada anak-anak usia lebih dari 7 tahun sebagai penunjang pembelajaran Al-Quran. Surat-surat yang terdapat dalam Juz Amma biasanya sering dibaca dalam shalat wajib, sehingga dengan mempelajari surat-surat tersebut, anak-anak dapat lebih mudah memahami bacaan dalam shalat. Selain itu, Juz Amma juga memuat tafsir dan penjelasan singkat mengenai isi surat tersebut.
Mempelajari Al-Quran melalui buku Iqro dan Juz Amma sangat penting bagi setiap muslim. Sejak kecil, anak-anak sudah harus diajarkan membaca Al-Quran agar mudah dalam memahami ajaran Islam dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, bagi orang dewasa yang masih ingin mempelajari Al-Quran, keduanya tetap bisa menjadi panduan. Untuk pemula, memulai pembelajaran dengan iqro sangat dianjurkan, sedangkan untuk yang sudah mahir membaca Al-Quran bisa mulai membaca surat-surat dalam Juz Amma.
Judul | Isi |
---|---|
Iqro | Buku ajaran dasar bagi anak-anak dalam mempelajari membaca Al-Quran |
Juz Amma | Buku yang berisi surat-surat pendek dalam Al-Quran dan penjelasannya |
Bagi setiap muslim, mempelajari Al-Quran melalui iqro dan juz amma merupakan langkah awal dalam meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Semoga artikel ini dapat memotivasi kita untuk lebih giat dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Quran.
Tujuan Pembelajaran Iqro dan Juz Amma
Memiliki kemampuan membaca Al-Quran adalah sesuatu yang sangat diinginkan bagi umat Islam. Oleh karena itu, pengajaran bacaan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Salah satu buku yang digunakan untuk mengajarkan bacaan Al-Quran adalah Iqro dan Juz Amma. Namun, apa tujuan pengajaran dari keduanya?
- Tujuan Pembelajaran Iqro
- Tujuan Pembelajaran Juz Amma
Iqro adalah buku penunjang belajar membaca Al-Quran yang memuat huruf-huruf hijaiyah dengan cara yang mudah dipahami. Tujuan utama dari pembelajaran Iqro adalah agar siswa dapat membaca Al-Quran dengan benar dan lancar.
Dalam proses pembelajaran Iqro, para siswa akan diajarkan cara mengucapkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar dan melafalkan huruf-huruf tersebut dengan baik. Siswa juga diajarkan untuk membaca huruf bergabung dan membaca bacaan-bacaan Al-Quran sederhana. Dalam membuat siswa dapat membaca Al-Quran dengan baik, Iqro dilengkapi dengan latihan-latihan pembelajaran, seperti mengenal huruf, membaca kata-kata sederhana, dan membaca surat-surat pendek.
Juz Amma berisikan surat-surat pendek dari Al-Quran yang biasanya dibaca dalam shalat. Tujuan utama dari pembelajaran Juz Amma adalah agar siswa dapat membaca dan memahami surat-surat pendek tersebut dengan baik. Dalam pembelajaran Juz Amma, siswa diajarkan untuk melafalkan surat-surat pendek dengan benar dan memahami artinya.
Dalam proses pembelajaran Juz Amma, siswa akan belajar untuk memahami tajwid atau kaidah-kaidah bacaan Al-Quran. Siswa juga akan belajar tentang makna-makna dalam surat-surat pendek tersebut. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Perbedaan Metode Pembelajaran Iqro dan Juz Amma
Dalam belajar membaca Al-Quran, terdapat dua metode yang sering digunakan, yaitu metode Iqro dan metode Juz Amma. Kedua metode ini memiliki perbedaan dalam cara pembelajaran serta materi yang diajarkan. Berikut perbedaan metode pembelajaran Iqro dan Juz Amma:
- Iqro
- Juz Amma
Metode Iqro merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran. Metode ini lebih mengutamakan penguasaan huruf-huruf hijaiyah terlebih dahulu sebelum membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran. Maka dari itu, materi yang diajarkan dalam metode Iqro lebih berfokus pada huruf hijaiyah dan cara membaca serta menulisnya yang benar.
Metode Juz Amma lebih mengutamakan pembelajaran membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran. Materi yang diajarkan dalam metode ini sudah termasuk bacaan Al-Quran dari Juz 30. Dengan demikian, pembelajaran dalam metode Juz Amma akan langsung fokus pada pembacaan Al-Quran.
Perbedaan Materi yang Diajarkan dalam Iqro dan Juz Amma
Perbedaan lain yang cukup signifikan antara metode pembelajaran Iqro dan Juz Amma adalah materi yang diajarkan. Berikut perbedaan materi yang diajarkan dalam Iqro dan Juz Amma:
Iqro | Juz Amma |
---|---|
Lebih berfokus pada huruf hijaiyah dan cara membacanya. | Lebih berfokus pada pembelajaran membaca Al-Quran dari Juz 30. |
Materi diawali dengan penguasaan huruf hijaiyah. | Materi sudah termasuk bacaan Al-Quran dari Juz 30. |
Kemudian diikuti pembelajaran membaca huruf hijaiyah dalam konsonan dan vokal. | Pembelajaran langsung fokus pada membaca Al-Quran. |
Dalam memilih antara metode Iqro dan Juz Amma, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki oleh si pembelajar. Jika masih kesulitan untuk menguasai huruf hijaiyah, metode Iqro dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun jika sudah menguasai huruf hijaiyah, maka penggunaan metode Juz Amma akan lebih efektif untuk memperdalam bacaan Al-Quran.
Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Iqro dan Juz Amma
Kedua metode pembelajaran Iqro dan Juz Amma adalah dua pilihan yang kerap dipakai untuk mengajarkan anak mengenal huruf dan membaca Al-Quran. Namun, setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan pembelajaran Iqro dan Juz Amma.
- Iqro
-
Kelebihan:
- Metode Iqro relatif mudah diikuti dan diimplementasikan, sehingga para ortu bisa mengajarkan anak-anak mereka dengan sederhana di rumah.
- Lebih cocok untuk anak usia belajar yang lebih muda, yakni di bawah usia 6 tahun.
- Menunjukkan cara baca huruf secara terpisah sehingga anak bisa lebih mudah mengenal huruf dan membaca dengan benar.
Kekurangan:
- Tidak mengajarkan cara membaca Al-Quran secara teratur dan berurutan, sehingga beberapa anak bisa kesulitan ketika ingin memahami kitab suci tersebut.
- Tidak membahas makna dan hikmah yang terkandung dalam surat-surat Al-Quran yang dipelajari, sehingga anak tidak memahami serta merenungkan isi kandungannya.
- Juz Amma
-
Kelebihan:
- Metode Juz Amma membantu anak belajar membaca Al-Quran secara berurutan dan teratur, sehingga bisa lebih mudah memahami isi kandungannya.
- Turut membahas makna dan hikmah dalam surat-surat Al-Quran yang dipelajari, sehingga anak bisa mengenal serta merenungkan makna kandungannya.
- Cocok untuk anak usia belajar yang lebih tua, yakni di atas usia 6 tahun.
Kekurangan:
- Melatih membaca Al-Quran terlebih dahulu, baru mengenal huruf secara terpisah, sehingga bisa membingungkan jika anak belum mengenal huruf dalam hurufnya sendiri.
- Metode Juz Amma agak sulit dipahami bagi anak yang berusia di bawah 6 tahun.
Nilai Positif dan Negatif Menggunakan Tafsir Iqro dan Juz Amma
Tafsir Iqro dan Juz Amma dalam pembelajaran membaca Al-Quran ternyata memiliki nilai positif dan negatif masing-masing. Berikut ini uraian mengenai nilai positif dan negatif penggunaan tafsir Iqro dan Juz Amma pada pembelajaran membaca Al-Quran.
1. Tafsir Iqro
Tafsir Iqro terkesan lebih ringkas dan mudah dipahami, cocok untuk anak usia di bawah 6 tahun yang baru memulai belajar membaca Al-Quran. Tafsir Iqro juga membahas setiap huruf secara terpisah, membuat anak bisa lebih mudah mengenal huruf dan melafalkannya.
Namun, ada nilai negatif dari penggunaan tafsir Iqro. Anak juga perlu mengenal cara membaca Al-Quran secara urut dan teratur, namun tafsir Iqro tidak membahasnya. Anak bisa menjadi kesulitan ketika ingin membaca Al-Quran sesuai urutan surat dan ayatnya.
2. Tafsir Juz Amma
Tafsir Juz Amma membahas cara membaca Al-Quran secara urut dan teratur, sehingga bisa membantu anak memahami isi kitab suci itu dengan baik. Tafsir Juz Amma juga membahas makna dan hikmah dalam surat-surat Al-Quran yang dipelajari, sehingga anak bisa merenungkan makna kandungannya dengan lebih baik.
Nilai negatif dari tafsir Juz Amma adalah kurang cocok untuk anak yang masih belajar mengenal huruf dalam hurufnya sendiri, sehingga sesekali pelajaran membaca harakat agak lebih sulit dicerna oleh anak-anak.
Tafsir Iqro | Tafsir Juz Amma |
---|---|
+ Cocok untuk anak usia 6 tahun ke bawah | + Membahas cara membaca Al-Quran urut dan teratur |
+ Membahas setiap huruf secara terpisah | + Membahas makna dan hikmah dalam surat-surat Al-Quran |
– Tidak membahas cara membaca Al-Quran secara urut dan teratur | – Agak sulit dicerna oleh anak yang baru belajar huruf dalam hurufnya sendiri |
Terlepas dari kelebihan dan kekurangan pembelajaran Iqro dan Juz Amma, tetap perlu ditekankan bahwa pembelajaran membaca Al-Quran sendiri bukanlah tujuan utama. Tujuan utama adalah memahami isi kandungan kitab suci tersebut, serta dapat meneladani nilai dan akhlak yang terkandung di dalamnya serta mengamalkan ilmu syari’at dari Al-Quran sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengajarkan anak-anaknya membaca Al-Quran.
Bagaimana Memilih Pembelajaran Iqro dan Juz Amma yang Tepat
Belajar membaca Al-Quran sangat penting bagi setiap muslim. Salah satu cara awal untuk belajar membaca Al-Quran adalah dengan mempelajari Iqro dan Juz Amma. Meskipun keduanya terdengar serupa, Iqro dan Juz Amma sebenarnya memiliki perbedaan dalam hal kurikulum dan tujuan pembelajaran.
- Pilih sesuai usia anak: Jika anak Anda masih kecil, lebih baik memulai dengan Iqro karena kurikulumnya lebih sederhana dan mudah dimengerti. Sedangkan Juz Amma lebih cocok untuk anak yang sudah terbiasa membaca Iqro dan ingin memperdalam pemahaman tentang ayat-ayat Al-Quran.
- Pilih berdasarkan kemampuan membaca: Jika anak Anda sudah mahir membaca huruf hijaiyah, Anda bisa memilih untuk langsung memulai dengan Juz Amma. Namun jika masih sulit membaca huruf hijaiyah, Iqro menjadi pilihan yang tepat karena kurikulumnya lebih tertata dengan lebih banyak mengajarkan huruf-huruf hijaiyah.
- Pilih yang mengikuti tuntunan mazhab: Jika ingin mengajarkan anak Anda membaca Al-Quran sesuai dengan mazhab yang dianut, pastikan pembelajaran Iqro atau Juz Amma yang Anda pilih mengikuti tuntunan mazhab yang dipilih.
Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pembelajaran Iqro dan Juz Amma:
1. Kualitas materi: Pastikan pembelajaran yang Anda pilih memiliki materi yang berkualitas dan mudah dimengerti.
2. Metode pengajaran: Pilih metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar anak Anda, apakah lebih memilih belajar mandiri atau belajar dengan bimbingan guru.
3. Waktu pembelajaran: Pastikan jadwal pembelajaran yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan anak Anda.
Faktor-faktor | Pembelajaran Iqro | Pembelajaran Juz Amma |
---|---|---|
Usia anak | Lebih cocok untuk anak kecil | Lebih cocok untuk anak yang sudah terbiasa membaca Iqro |
Kemampuan membaca huruf hijaiyah | Lebih cocok untuk anak yang masih sulit membaca huruf hijaiyah | Lebih cocok untuk anak yang sudah mahir membaca huruf hijaiyah |
Penyesuaian dengan mazhab | Harus sesuai dengan mazhab yang dianut | Harus sesuai dengan mazhab yang dianut |
Memilih pembelajaran Iqro dan Juz Amma yang tepat sangat penting untuk membantu anak Anda belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Sebagai orang tua, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti usia, kemampuan membaca, dan penyesuaian dengan mazhab, sebelum memilih pembelajaran yang tepat untuk anak Anda.
Terima Kasih Telah Membaca
Nah, itulah perbedaan antara Iqro dan Juz Amma, semoga artikel ini bisa membantu kamu, ya! Ingat bahwa memahami Al-Quran adalah suatu perjalanan, bukan tujuan akhir. Jangan lupa untuk terus belajar dan bersabar dalam menjelajahinya. Dan jangan ragu untuk mampir lagi ke website kami untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam hangat dari kami!