Apa Itu E learning: Pengertian, Manfaat, dan Implementasinya

Banyak dari kita mungkin baru mendengar istilah “e-learning” belakangan ini. Tapi apa itu sebenarnya? Secara sederhana, e-learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja. Ini berbeda dengan pembelajaran tradisional yang banyak dilakukan di ruang kelas dengan metode tatap muka.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi semakin memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu juga dengan pembelajaran. Dengan e-learning, kita bisa belajar dengan lebih fleksibel dan efektif tanpa harus terbatas oleh waktu dan tempat. Dalam beberapa tahun terakhir, e-learning semakin berkembang dan semakin banyak penyedia layanan e-learning yang bermunculan di Indonesia.

Meskipun e-learning menawarkan sejumlah keuntungan, tentu saja tidak semua orang cocok dengan metode pembelajaran ini. Ada tantangan atau kendala yang harus dihadapi, seperti rendahnya motivasi belajar, kurangnya interaksi antara peserta dan pengajar, serta kebutuhan untuk memiliki keterampilan teknologi dasar. Namun, e-learning tetap menjadi pilihan menarik bagi sebagian besar orang yang ingin belajar dengan cara yang lebih modern dan fleksibel.

Pengertian E-learning

E-learning adalah suatu cara belajar jarak jauh yang memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana utamanya. Dalam pengertian yang lebih luas, e-learning merupakan penggunaan teknologi informasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran. E-learning juga sering disebut sebagai pembelajaran online, pembelajaran jarak jauh, atau virtual learning.

Keuntungan E-learning

  • E-learning dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pembelajar tidak perlu hadir di sebuah ruang kelas dalam waktu dan tempat tertentu.
  • E-learning meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi semua orang, tanpa terkendala oleh jarak dan tempat.
  • E-learning dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing peserta.
  • E-learning memungkinkan peserta belajar secara mandiri dengan akses ke berbagai jenis sumber daya yang tersedia secara online.
  • E-learning dapat mempercepat proses pembelajaran dengan penggunaan multimedia, interaktif, dan teknologi lainnya.

Jenis-jenis E-learning

E-learning dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan metodenya, antara lain:

  • Online course, yaitu kursus atau mata pelajaran yang dilakukan secara online dengan format yang sudah dirancang sebelumnya. Biasanya, online course memerlukan biaya pendaftaran dan memiliki waktu tertentu untuk menyelesaikan.
  • Webinar, yaitu seminar atau presentasi yang dilakukan secara online dengan peserta yang dapat bertanya langsung dalam sesi tanya jawab.
  • Blended learning, yaitu kombinasi antara pembelajaran online dan tatap muka. Pada metode ini, peserta belajar secara mandiri melalui platform online, namun juga berkumpul dengan pengajar dan peserta lain untuk sesi tatap muka atau diskusi.

Tantangan E-learning

Meskipun e-learning memiliki banyak keuntungan, namun terdapat pula tantangan yang harus dihadapi, antara lain:

Keterbatasan akses internet yang mumpuni Banyak wilayah yang masih belum terjangkau dengan koneksi internet yang memadai.
Minimnya interaksi langsung dengan pengajar dan peserta lainnya Pembelajar dapat kehilangan aspek sosial dalam proses pembelajaran.
Perlu motivasi diri yang kuat Belajar secara mandiri memerlukan kemampuan motivasi dan kedisiplinan tinggi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, peserta e-learning perlu melatih diri agar dapat mandiri dalam proses pembelajaran dan memilih platform e-learning dengan reputasi baik serta menyediakan interaksi dengan pengajar dan peserta lain.

Perkembangan E-learning di Indonesia

E-learning, atau pembelajaran daring, telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Di Indonesia, e-learning mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an dengan munculnya platform pembelajaran daring seperti Gramedia Digital dan Intimedia. Namun, perkembangan e-learning masih belum merata di seluruh daerah Indonesia dengan masih terbatasnya akses internet dan kurangnya infrastruktur pendukung.

  • Program E-Learning Pemerintah
  • Program pemerintah dalam pengembangan e-learning di Indonesia diwujudkan dalam beberapa inisiatif, seperti peluncuran program Gerakan Literasi Digital pada tahun 2019. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia dan menguatkan ekosistem digital di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga memiliki program Sekolah Merdeka, yaitu program pembelajaran daring bagi siswa yang terhambat akses pendidikan secara fisik akibat pandemi COVID-19.

  • Peningkatan Penggunaan E-learning di Sektor Pendidikan dan Bisnis
  • Peningkatan penggunaan e-learning di Indonesia terutama terjadi di sektor pendidikan dan bisnis. Dalam pandemi COVID-19, penggunaan e-learning di sekolah, perguruan tinggi, dan pelatihan karyawan meningkat secara signifikan. E-learning menjadi solusi dalam memastikan kelancaran proses pembelajaran dan pelatihan tanpa terganggu oleh pandemi.

  • Peran Startup Dalam Perkembangan E-learning di Indonesia
  • Start-up teknologi di Indonesia juga ikut andil dalam perkembangan e-learning di Indonesia. Misalnya, Ruangguru, Zenius, dan Quipper, yang menyediakan platform pembelajaran daring untuk anak-anak sekolah, mahasiswa, dan karyawan. Mereka juga menghadirkan layanan edukasi dengan berbagai fitur seperti bank soal, ujian daring, dan video pembelajaran interaktif.

Inovasi dalam E-learning di Indonesia

Perkembangan e-learning di Indonesia juga diiringi dengan inovasi yang terus berkembang. Beberapa inovasi tersebut antara lain:

  • Pemanfaatan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
  • Penggunaan teknologi VR dan AR dalam e-learning dapat meningkatkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Di Indonesia, Universitas Telkom Bandung telah melakukan penelitian mengenai potensi VR dan AR dalam pembelajaran.

  • Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pelatihan Karyawan
  • AI dapat digunakan untuk membuat program pelatihan karyawan yang lebih personal dan efektif. Startup seperti Kurnia AI juga telah memanfaatkan teknologi AI dalam solusi pembelajaran daring bagi karyawan suatu perusahaan.

  • Pengembangan E-learning Berbasis Game
  • Pembelajaran berbasis game dapat memotivasi peserta didik dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Game Edukasi Indonesia, misalnya, menyediakan platform pembelajaran menarik dengan berbagai permainan edukatif.

Tantangan dalam Perkembangan E-learning di Indonesia

Meski telah berkembang, e-learning di Indonesia masih memiliki berbagai tantangan yang dihadapi, seperti:

  • Terbatasnya Akses Internet di Beberapa Daerah
  • Masih banyak daerah di Indonesia yang terbatas akses internetnya, sehingga sulit untuk mengakses pembelajaran daring. Hal ini dapat menghambat perkembangan e-learning secara keseluruhan.

  • Kurangnya Infrastruktur Pendukung
  • Beberapa sekolah, kampus, dan institusi masih belum memiliki infrastruktur pendukung yang memadai untuk e-learning, seperti perangkat keras dan lunak yang memadai dan koneksi internet yang cepat.

  • Tantangan Mengatur Waktu Belajar
  • E-learning juga memerlukan disiplin waktu dan kemampuan untuk mengatur waktu belajar yang seimbang dengan kebutuhan individu dan pekerjaan lainnya. Hal ini menjadi tantangan bagi peserta pembelajaran daring sendiri.

Pengembangan e-learning di Indonesia masih terus berlanjut dan diikuti dengan inovasi yang semakin berkembang pula. Mari dukung perkembangan e-learning dan edukasi di Indonesia sebagai wujud komitmen bersama dalam mencapai pendidikan yang lebih baik.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan E-learning

E-learning atau pembelajaran elektronik merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui perangkat teknologi informasi. Metode ini semakin populer di masa pandemi karena memungkinkan pembelajaran jarak jauh. Namun, seperti halnya metode pembelajaran lainnya, e-learning memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan.

  • Keuntungan menggunakan E-learning
    • Waktu fleksibel. Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus hadir secara fisik di kelas.
    • Biaya yang lebih murah. Tidak perlu biaya transportasi, penginapan, dan lain-lain seperti halnya metode pembelajaran tradisional.
    • Bisa mengakses sumber belajar yang lebih variatif. Dalam e-learning, sumber belajar tidak hanya berasal dari buku atau dosen, tetapi juga memungkinkan untuk menggunakan video, podcast, dan sumber belajar lainnya yang tersedia di internet.
    • Meningkatkan literasi digital. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan literasi digital dan kemampuan adaptasi terhadap teknologi.
  • Kerugian menggunakan E-learning
    • Keterbatasan interaksi. Meskipun teknologi sudah memungkinkan untuk melakukan interaksi secara daring, tetapi interaksi dengan dosen dan teman sekelas tidak seintensif pada metode pembelajaran tradisional.
    • Kebutuhan akan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet tidak stabil, maka kualitas pembelajaran dapat terganggu.
    • Tidak semua orang memiliki akses ke teknologi yang dibutuhkan. Tidak semua orang memiliki perangkat seperti laptop, smartphone, atau koneksi internet yang stabil untuk dapat mengikuti e-learning.
    • Butuh motivasi yang tinggi. Pembelajaran secara daring membutuhkan disiplin diri yang tinggi dan motivasi yang kuat untuk terus belajar tanpa ada tutor yang mengawasi.

Contoh Implementasi E-learning pada Pendidikan Tinggi

Berikut ini merupakan contoh implementasi e-learning pada perguruan tinggi di Indonesia:

No Perguruan Tinggi Bentuk Implementasi
1 Universitas Indonesia Matakuliah Daring
2 Institut Teknologi Bandung Kelas Jarak Jauh
3 Universitas Gadjah Mada Mobile Learning

Implementasi e-learning pada perguruan tinggi di Indonesia masih dalam tahap pengembangan, tetapi terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan pembelajaran jarak jauh yang semakin meningkat.

Jenis-jenis E-learning

E-learning adalah metode pembelajaran yang mengandalkan teknologi sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Teknologi yang digunakan dapat berupa internet, komputer, atau perangkat mobile. Ada beberapa jenis e-learning yang umum digunakan, antara lain:

  • Web-based Learning
  • Virtual Classroom
  • Mobile Learning
  • Blended Learning

Mobile Learning

Mobile learning atau m-learning adalah jenis e-learning yang menggunakan perangkat mobile sebagai media pembelajaran. Dalam mobile learning, peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran menggunakan smartphone atau tablet mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk belajar di mana saja dan kapan saja tanpa harus terbatas oleh ruang dan waktu.

Ada beberapa keunggulan dari mobile learning. Pertama-tama, mobile learning dapat memungkinkan pembelajaran yang lebih personal dan individual, karena siswa dapat memilih sendiri tempat dan waktu belajar mereka. Kedua, mobile learning juga dapat mempercepat proses pembelajaran, karena peserta didik dapat mempelajari materi dengan kecepatan mereka sendiri tanpa harus menunggu siswa lain.

Untuk menjalankan mobile learning, diperlukan aplikasi pembelajaran yang dapat diinstal di perangkat mobile. Di dalam aplikasi tersebut, biasanya terdapat fitur-fitur seperti video pembelajaran, latihan soal, dan asesmen untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Kelebihan Mobile Learning Kekurangan Mobile Learning
Memudahkan akses dan fleksibel Perangkat mobile memiliki layar kecil
Membuat pembelajaran lebih personal dan individual Tidak semua siswa memiliki perangkat mobile yang memadai
Meningkatkan engagemen dan motivasi siswa Keterbatasan kapasitas baterai dan koneksi internet

Pada dasarnya, mobile learning dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran di era digital saat ini. Dengan menggunakan mobile learning, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif, fleksibel dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Konsep Pembelajaran dalam E-learning

E-learning, atau pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi digital, telah menjadi alternatif yang populer bagi banyak orang untuk mengakses pendidikan. Berbeda dengan pendekatan pembelajaran tradisional, e-learning membuat para pelajar dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya pembelajaran masing-masing. Berikut adalah konsep pembelajaran dalam e-learning:

  • Pembelajaran Kolaboratif: E-learning mendorong pembelajaran yang kolaboratif antara para pelajar dan instruktur. Pelajar diberi kesempatan untuk berinteraksi dan saling belajar dari satu sama lain.
  • Pembelajaran Mandiri: E-learning memungkinkan para pelajar untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri. Pelajar dapat mengakses materi, menyelesaikan tugas dan ujian pada waktu yang mereka pilih.
  • Pembelajaran Terpersonalisasi: Melalui e-learning, pengalaman belajar pelajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka.

Pembelajaran Kolaboratif

Pembelajaran kolaboratif dalam e-learning memungkinkan para pelajar untuk belajar bersama-sama dengan sesama pelajar maupun instruktur. Dalam hal ini, pelajar saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan belajar yang sama. Dengan implementasi forum online dan video konference, para pelajar dapat berinteraksi dengan instruktur dan teman sejawat dalam lingkungan virtual.

Pembelajaran Mandiri

Pembelajaran mandiri dalam e-learning memungkinkan para pelajar untuk mengatur waktu yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka. Dalam hal ini, pelajar dapat membaca materi, menyelesaikan tugas dan ujian secara mandiri, serta berkonsultasi dengan instruktur dan anggota kelompok kapan saja. Fleksibilitas pembelajaran dalam e-learning dapat membantu pelajar untuk mencapai performa terbaik mereka.

Pembelajaran Terpersonalisasi

Pembelajaran terpersonalisasi dalam e-learning memungkinkan instruktur memodifikasi dan menyesuaikan materi pembelajaran untuk mendukung kebutuhan pembelajaran masing-masing pelajar. Ini disebabkan oleh kemampuan untuk memonitor kemajuan pelajar dengan lebih tepat melalui laporan dan evaluasi yang dilakukan dalam e-learning platform.

Tabel Perbandingan Pembelajaran Tradisional dan E-learning

Pembelajaran Tradisional E-learning
Interaksi Terbatas pada waktu dan tempat kelas Melalui forum dan video konferensi
Jadwal Ditetapkan Fleksibel
Metode Pembelajaran Mencakup metode audiotori dan visual Disesuaikan dengan gaya pembelajaran individual

Pembelajaran dalam e-learning lebih fleksibel dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Para pelajar dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya pembelajaran masing-masing melalui interaksi kolaboratif, pembelajaran mandiri, dan personalisasi pembelajaran.

Penerapan E-learning di Berbagai Sektor

E-learning atau pembelajaran jarak jauh telah menjadi tren dalam dunia pendidikan dan pelatihan. Namun tidak hanya di sektor pendidikan, penerapan e-learning juga mulai diterapkan di berbagai sektor lainnya. Berikut beberapa sektor yang mulai menerapkan e-learning:

  • Perusahaan: Perusahaan mulai menerapkan e-learning dalam pelatihan karyawan. Dengan e-learning, karyawan dapat belajar dan mengasah keterampilan mereka secara mandiri dan sesuai dengan waktu yang mereka miliki.
  • Kesehatan: Di sektor ini, e-learning digunakan untuk melatih tenaga medis dan juga untuk memberikan informasi kepada pasien. E-learning juga memungkinkan para tenaga medis untuk terus memperbarui pengetahuan mereka mengenai perawatan kesehatan yang terbaru.
  • Pemerintahan: Pemerintah dapat menggunakan e-learning untuk melatih pegawai mereka. Dengan e-learning, pegawai pemerintahan dapat mengambil kursus dan sertifikasi untuk mengasah keterampilan mereka dalam bidang tertentu.

Namun, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi ketika menerapkan e-learning di berbagai sektor. Salah satu tantangan terbesar adalah masalah teknis. Misalnya, tidak semua perangkat atau sistem operasi dapat mendukung e-learning dengan baik. Selain itu, ada juga kendala dalam hal akses internet, yang dapat mempengaruhi laju dan kualitas pembelajaran.

Meskipun ada beberapa tantangan dalam menerapkan e-learning, manfaatnya tetap besar dan semakin banyak sektor yang mulai menggunakan metode ini. Tantangan teknis kemungkinan akan teratasi seiring perkembangan teknologi dan jaringan internet yang semakin berkembang.

Penerapan E-learning di Perusahaan

E-learning telah menjadi pilihan yang populer di antara perusahaan dalam melatih karyawan mereka. Metode ini memungkinkan karyawan belajar dan mengembangkan keterampilan mereka secara mandiri dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Beberapa manfaat dari penerapan e-learning di perusahaan meliputi:

  • Efisiensi biaya dan waktu: Pelatihan e-learning dapat lebih efektif dibandingkan dengan pelatihan tatap muka karena karyawan dapat belajar pada waktu yang tepat dan dalam waktu yang lebih singkat.
  • Peningkatan produktivitas dan kinerja: Karyawan yang memiliki keterampilan yang lebih baik dan terus memperbarui pengetahuannya akan lebih produktif dan berkinerja tinggi dalam pekerjaan mereka.
  • Keterlibatan karyawan: E-learning memberikan kesempatan untuk karyawan terlibat dalam proses pembelajaran dan mempromosikan pembelajaran sepanjang hayat.

Meskipun terdapat manfaat yang signifikan dalam menggunakan e-learning untuk melatih karyawan, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan adalah memastikan bahwa program e-learning yang disediakan relevan dengan pekerjaan serta fleksibel dan mudah diakses oleh karyawan. Pengukuran dan evaluasi efektivitas program e-learning juga diperlukan untuk memastikan bahwa program tersebut berhasil mencapai tujuannya.

Tantangan dalam Mengimplementasikan E-learning di Perusahaan

Ketika menerapkan e-learning di perusahaan, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Perhatikan tantangan-tantangan berikut ini:

  • Keterampilan teknis: Karyawan mungkin tidak memiliki keterampilan teknis yang cukup untuk menggunakan program e-learning. Pelatihan dan dukungan yang memadai diperlukan.
  • Ketersediaan dan kualitas konten: Konten e-learning harus relevan, berkualitas tinggi, dan mudah dipahami untuk dapat mencapai tujuannya.
  • Penilaian dan umpan balik: Perusahaan harus dapat mengukur dan mengevaluasi efektivitas program e-learning. Umpan balik dari para karyawan juga harus dipertimbangkan untuk meningkatkan efektivitas program tersebut.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, perusahaan harus memperhatikan desain dan implementasi program e-learning dengan seksama, menjalin kemitraan dengan penyedia layanan yang bisa dipercaya, dan memperhatikan umpan balik dari para karyawan untuk terus memperbaiki program e-learning yang ada.

Tantangan Tips untuk Mengatasinya
Karyawan memiliki keterampilan teknis yang terbatas untuk menggunakan program e-learning Menyediakan pelatihan dan dukungan yang memadai
Konten e-learning kurang relevan, berkualitas tinggi, dan mudah dipahami Memperhatikan kualitas dan relevansi konten e-learning serta mempertimbangkan pengguna eksisting dalam mendesain program e-learning
Tidak ada pengukuran efektivitas program e-learning Melakukan pengukuran dan evaluasi efektivitas program e-learning secara berkala untuk memastikan program e-learning berhasil mencapai tujuannya

Penerapan e-learning di perusahaan dapat membawa manfaat besar dalam melatih dan mengasah keterampilan karyawan dan meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka. Namun, perusahaan harus memperhatikan tantangan-tantangan yang terkait dengan penerapan e-learning dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut.

Peran Guru dalam Penggunaan E-learning

Seperti yang telah kita ketahui, e-learning atau pembelajaran elektronik merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital sebagai media dan alat bantu belajar. Dalam penggunaannya, peran guru sangatlah penting untuk menjamin efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Berikut adalah beberapa peran guru dalam penggunaan e-learning:

  • Merancang materi pembelajaran: Guru harus memberikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Guru harus menguasai teknologi dan memahami karakteristik e-learning untuk dapat merancang materi pembelajaran yang sesuai.
  • Mengelola platform e-learning: Guru berperan dalam mengelola platform e-learning, seperti memperbarui materi, mengatur kelas, menambahkan fitur, serta menangani masalah teknis yang terjadi.
  • Memberikan bimbingan dan fasilitasi: Guru harus memberikan bimbingan dan fasilitasi secara online, seperti menjawab pertanyaan, memberikan umpan balik, dan memotivasi siswa untuk tetap belajar.

Guru juga harus memastikan bahwa siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik melalui berbagai metode pengajaran, seperti diskusi online, tugas-tugas terstruktur, hingga quiz yang dapat mengukur pemahaman siswa. Dengan peran yang efektif ini, guru dapat membantu siswa meraih hasil belajar yang optimal.

Implementasi Peran Guru dalam E-learning

Penggunaan e-learning membutuhkan adaptasi dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh. Berikut adalah beberapa implementasi peran guru dalam e-learning:

Pertama, guru harus menguasai teknologi dan online teaching untuk dapat merancang materi pembelajaran yang menarik dan efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan dan workshop terkait e-learning.

Kedua, guru harus terbiasa dengan platform e-learning yang akan digunakan. Guru harus mampu mengelola kelas online dengan baik, memperbarui materi secara berkala, dan memastikan platform bekerja dengan baik.

Ketiga, guru harus tetap memberikan pendampingan dan bimbingan secara online. Guru harus memastikan siswa memahami materi pembelajaran, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik yang tepat.

Terakhir, guru harus tetap memotivasi siswa dengan memberikan penghargaan dan pujian atas keberhasilan siswa dalam pembelajaran online. Hal ini dapat mendorong siswa untuk tetap termotivasi dan fokus dalam belajar.

Contoh Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran

E-learning dapat diterapkan dalam berbagai macam pembelajaran, baik di tingkat sekolah, perkuliahan, maupun pelatihan profesional. Berikut adalah contoh penggunaan e-learning dalam pembelajaran:

Jenis Pembelajaran Contoh E-learning
Sekolah Belajar Bahasa Inggris melalui Duolingo
Perkuliahan Belajar matematika melalui Khan Academy
Pelatihan Profesional Meningkatkan keterampilan digital marketing melalui Google Digital Garage

Penggunaan e-learning dapat memudahkan siswa untuk mengakses pembelajaran di mana saja dan kapan saja. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, e-learning juga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang aman dan efektif.

Selamat Belajar!

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu e learning. Sekarang Anda sudah tahu bahwa e learning adalah metode belajar modern yang menggunakan teknologi internet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu dalam memahami lebih lanjut tentang e learning. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk kunjungi website kami lagi untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa!